Masakan Khas Aceh di Rumah Makan Hasan

Setelah panjang lebar menulis intro tentang cerita pengalaman perjalanan di Aceh, melalui tulisan ini akan saya mulai dengan mencicipi kuliner khas Aceh di Rumah Makan Hasan. Saya, teman saya dan klien saya rehat sejenak setelah melakukan wawancara di Dinas Perhubungan Banda Aceh. Saat jam makan siang, kami diajak ke tempat makan tersebut oleh Pak Faisal (Kabid Perhubungan Laut Banda Aceh).

Saya tahu rumah makan tersebut dari beberapa situs blog yang saya baca sebelum berangkat ke Aceh. Rumah Makan Hasan adalah salah satu kuliner yang ‘You Must Try It’ di Banda Aceh. Saya lupa nama-nama menu yang dipesan. Yang jelas, cara penyajian makanannya tidak jauh berbeda ketika kita makan di rumah makan Padang. Semua makanan disajikan di meja, kita tinggal pilih lauk mana yang ingin disantap. Kesannya? Menggoda! Meski ada rasa cemas karena melihat racikan bumbu yang terbayang adalah kolesterol. Sebenarnya, kalau melihat masakan Aceh memang tidak jauh-jauh dengan rasa rempah, pedas, dan minyak. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa masakan Aceh hampir serupa dengan sajian masakan Padang.

dsc_0309

Masakan Khas Aceh di Rumah Makan Hasan

Waktu itu yang disajikan di meja ada gulai kambing, gulai ikan, ayam tangkap, gulai pisang (What?! Pisang? Digulai?) sajian ikan, sambal, sayuran seperti urap, dan sebagainya. Maaf kalau saya lupa mencatat nama-nama masakannya. Saya tidak asing dengan menu ayam tangkap, karena di Jakarta pun ada. Namun, sayangnya saya tahu nama, tapi tidak tahu bentuknya. So, for the first time i saw ayam tangkap in Rumah Makan Hasan. Ternyata, ayam tangkap adalah ayam goreng yang disajikan dengan daun (saya lupa namanya daun apa) yang digoreng pula sehingga kalau dimakan mengeluarkan irama krenyes-krenyes.

Aneka menu di Rumah Makan Hasan

Aneka menu di Rumah Makan Hasan

Setelah mencicipi, saya bertanya “Pak, kenapa ayam tangkap? Kenapa, Pak? Dan banyak dedaunan gini? Apanya yang ditangkap, Pak?”, tanya saya. Tak lama, Pak Jufri driver sewaan kami pun menjawab, “Ayam ini sengaja disajikan dengan dedaunan dan tidak terlihat ayamnya. Sehingga, kita mencari ayamnya. Kalau ketemu, ditangkap deh… Hap!,” jawabnya. (What the?!) But, it’s ok! Mungkin, kalian punya cerita lain tentang asal-muasal atau mitos dari nama kuliner ayam tangkap ini?

dsc_0306

Ayam Tangkap di Rumah Makan Hasan

Tapi yang pasti, kalian wajib mampir ke Rumah Makan Hasan kalau traveling ke Banda Aceh. Mungkin makanan unik lainnya menurut saya adalah gulai pisang. Aneh sih waktu dikasih tahu kalau itu adalah gulai pisang. Dan pisangnya pun nggak terlihat seperti potongan pisang. Kata klien saya yang mencicipinya terlebih dahulu sih enak. Lalu, saya pun disuruh mencicipinya, meski nggak akan kebayang gimana rasanya. Tapi, saya tetap penasaran dengan cita rasa gulai pisang tersebut. Demi apapun, alhasil saya mencicipinya. Dan……. Teksturnya seperti pisang rebus. Bedanya, ini jauh lebih gurih karena menggunakan adonan gulai. Hmm… Not bad! Meskipun saya hanya sekali makan gulai pisangnya.

Setelah makan menu utama, kami disuguhkan potongan buah-buahan. Uniknya, di piring buah-buahan tersebut dicampur dengan es batu. Hmm… Mungkin hal itu dilakukan supaya buah tetap segar. Untuk minumannya, saya memesan es teh manis. Namun, orang Aceh lebih suka menyebutnya teh dingin. Entah, mungkin karena ingin lebih singkat. Hehehehe…

Sebelum berpisah, kami foto bersama dengan Pak Faisal karena sudah menjamu dengan kami

Sebelum berpisah, kami foto bersama dengan Pak Faisal

Oiya, cerita tentang perjalanan di Aceh masih berlanjut di postingan berikutnya, ya! Semoga dari postingan ini dapat memberikan informasi bagi para pembaca. Happy reading, all!

Leave a Reply

