Cerita di Kedai Kopi Solong Ulee Kareng

Di postingan sebelumnya saya udah janji mau cerita sedikit soal kopi Aceh. Kalau kamu ketik keyword kopi Aceh di Google, pasti akan muncul berbagai artikel mengenai kopi Aceh. Julukan Aceh sebagai ‘Kota Seribu Kopi’ menurut saya sih benar banget! Ya, karena saya sendiri pun melihat kalau kopi Aceh itu banyak banget brand-nya.

Tapi, ada satu kopi yang menarik perhatian saya, yaitu Kopi Solong Ulee Kareng. Saya memang nggak begitu paham dengan jenis-jenis kopi secara detail, saya hanya penikmat kopi biasa yang mengagumi cita rasanya. Hehehehe… Baiklah, saya akan mengulas mengenai Kopi Solong. Selesai makan dari Mie Aceh Razali, kami ingin mencari kedai kopi favorit bagi masyarakat Aceh. Pilihan jatuh ke Kedai Kopi Solong di daerah Ulee Kareng. Kedai kopi tersebut selalu ramai pengunjung.

Sample biji kopiarabica premium di Kedai Kopi Solong

Sample biji kopi arabica premium di Kedai Kopi Solong

Seingat saya, waktu itu saya memesan kopi arabica. Sebenarnya masih banyak pilihan lain. Semua kopi yang disajikan di Kedai Kopi Solong ini adalah biji kopi olahan sendiri. Jadi, mulai memetik, memilih, roasting, dan sebagainya adalah pure bikinan sendiri. Sambil menunggu pesanan kami datang, saya mencicipi hidangan roti isi selai srikaya buatan kedai tersebut. Asli, roti srikaya ter-enak yang pernah saya rasakan! Rotinya lembut sekali, selai srikayanya pun sangat lembut dan tidak terlalu manis selainya. Ah, enak sekali!

Akhirnya, kopi pesanan kami pun datang. Secangkir kopi hitam panas yang tidak terlalu manis dan tanpa ampas tersebut ku seruput dengan nikmat. Tidak lupa ditemani dengan roti srikaya untuk porsi kedua. Maaf, tidak bermaksud untuk rakus, hanya ketagihan. Hehehehe… Kopi Solong benar-benar tidak ada ampas sedikit pun. Bagaimana tidak, kopinya saja dibuat dengan disaring hingga beberapa tarikan. Oiya, saya mengunjungi ke Kedai Kopi Solong Ulee Kareng sampai dua kali saking enaknya. Tetap ramai pengunjung dari berbagai kalangan. Kunjungan yang kedua, saya bertemu dengan pemiliknya, Pak Nawawi namanya dan kami sempat ngobrol-ngobrol sedikit tentang Kopi Solong.

(kiri) Teman saya, Pak Nawawi dan saya di Kedai Kopi Solong

(kiri) Teman saya, Pak Nawawi dan saya di Kedai Kopi Solong

Jadi, Kopi Solong merupakan warisan turun-temurun berawal dari warung biasa sejak tahun 1976 dan berkembang sejak 1982. Karena lokasinya memang dekat dengan kampus, jadi banyak para pelajar yang pulang kuliah untuk mampir ke kedai kopi. Kopi Solong memang terkenal enak karena biji kopi pilihannya. Diakui oleh sang pemilik Kedai Kopi Solong bahwa tidak diragukan karena sang bapak adalah petani. Maka, tidak heran jika biji kopi yang dipilih sangatlah tepat. Nama Solong pun sebenarnya adalah nama panggilan sang ayah ketika bekerja dengan orang China.

Jadi, memang tidak dipungkiri bahwa Kopi Solong memang enak. Di kedai ternyata tidak hanya menjual kopi yang diseduh, melainkan juga menjual biji kopi dan kopi roasted produk Kopi Solong. Kalau tidak salah untuk harga Kopi Solong yang Robusta 250 gram sekitar Rp 27 ribu – Rp 35 ribu (saya lupa). Untuk jenis kopi arabica premium 250 gram seharga Rp 70 ribu. Saya beli keduanya untuk oleh-oleh di rumah. Oiya, untuk harga menu di Kedai Kopi Solong juga tidak mahal. Harga kopi dibanderol mulai dari sekitar Rp 7 ribu.

Peracik kopi di Kedai Kopi Solong

Peracik kopi di Kedai Kopi Solong

Menurut saya, kalau kalian pergi ke Banda Aceh jangan lupa untuk mencicipi cita rasa kopi Aceh ya! Di mana pun kedainya. Tapi, berhubung saya mencicipinya di Kedai Kopi Solong Ulee Kareng sampai dua kali, jadi saya rekomendasikan bagi para traveler penikmat kopi untuk mencicipinya. Karena, kopinya sudah terkenal dan beberapa public figure pun sempat mampir ke kedai tersebut.

Oiya, dengar-dengar beberapa biji kopi Aceh ada yang dibawa ke Medan dan dijual di sana. Kopi Sidikalang beberapa diantaranya dibuat dari biji kopi Aceh. Apakah itu benar? Mungkin jika kalian ada yang tahu kebenarannya bisa share di kolom komentar ya…

 

Happy reading, all!

 

Leave a Reply

